Monday, January 16, 2012 - 0 comments

Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyarakat


        Pertentangan sosial akhir-akhir ini menjadi banyak sorotan para media, padahal hanya masalah sepele yang seharusnya sudah bisa diatasi secara musyawarah mufakat. Dan biasanya masalah ini disebabkan oleh kepentingan salah satu kelompok dan akhirnya kelompok lain menentang. Bahkan dari peristiwa penentangan ini bisa menyebabkan kematian yang sia-sia. Contoh saja, didaerah papua yang jauh dari pengawasan pemerintah pusat. Mereka saat ini sangat menentang kebijakan-kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah dan pengelola tambang emas tersebut karena merugikan masyarakat yang sudah lama menduduki wilayah papua. Gaji yang diberikan pun hanya beberapa persen saja dari hasil total yang dihasilkan oleh penambangan emas tersebut.
            Betapa mirisnya kehidupan mereka disana, tinggal dihutan, makanan seadanya dan masih banyak lagi. Kebijakan-kebijakan ini hanya menguntungkan beberapa pihak saja, tanpa memikirkan kepentingan masayarakat setempat yang sebetulnya mereka lah yang harusnya mendapatkan keuntungan itu. Pemerintah setempat tidak bisa mengambil banyak langkah untuk menyelesaikan permasalahan ini, karena pemerintah yang terdahulu lah yang seharusnya bertanggung jawab karena sudah membuat kebijakan-kebijakan yang dapat membuat pertentangan sosial di daerah tersebut. Mereka hanya mencari keuntungan saja agar mendapatkan uang yang banyak tanpa memikirkan masa depan bumi papua sendiri.
            Menurut saya, wajar jika di daerah Papua banyak menembakan misterius karena hanya dengan cara itu mereka didengar sampai luar papua bahkan luar negeri, jadi saya harap pemerintah seharusnya pemerintah bisa mengerti mengapa mereka melakukan hal kepada pihak pengelola.

0 comments:

Post a Comment