Friday, October 21, 2011 - 0 comments

PENGARUH BUDAYA KOREA TERHADAP INDONESIA


Penduduk adalah sekelompok masyarakat yang bertempat tinggal di sebuah daerah atau negara tertentu. Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kebudayaan. Indonesia merupakan salah negara yang mempunyai penduduk terbanyak di dunia.
Akhir-akhir ini banyak sekali penduduk di Indonesia yang mencoba peruntungan dari maraknya aksi boyband dan girlband asal Korea. Mereka saling beradu membuat boyband atau girlband hanya demi mendapatkan uang. Sekarang ini acara musik di televisi kebanyakan hanya boyband atau girlband yang laku. Produser hanya memerlukan skill dance yang bagus dari setiap orang dan kemudian bisa membuar sebuah boyband atau girlband. Kebiasaan ini disambut antusias oleh masyarakat indonesia sendiri.  Mereka sudah mempunyai fans-fans tersendiri, jadi setiap mereka manggung para fans tersebut ikut memberi semangat idola.
Konser-konser besar di Indonesia pun sekarang ini banyak menghadirkan boyband atau girlband asal Korea. Tiket masuk mahal pun itu adalah hal yang sudah biasa bagi mereka yang fanatik kepada boyband atau girlband. Sambil menonton terkadang di sekitar area luar panggung, banyak pedagang yang menjual aksesoris seperti : baju, kalung, gelang, sendal bergambar wajah boyband, dan masih banyak lagi. Terkadang fans-fans tersebut setelah pergelaran konser selesai, mereka memberi hadiah kepada idolanya tersebut dan meminta tandatangan agar ada kenangan setelah menonton konser tersebut. Bahkan ada fans-fans yang sangat fanatik kepada idolanya, jika mereka tidak mendapatkan tandatangan idolanya mereka menangis dan tidak mau pulang sampai mendapat tandatangan dari idolanya tersebut.
Pengaruh boyband atau girlband saat ini tidak hanya berdampak pada anak remaja, anak SD pun jika disuruh menyanyikan lagu boyband atau girlband idolanya, mereka langsung menyanyikan dan hafal lagu maupun gerakannya. Boyband atau girlband tidak hanya menjadi penyanyi saja di Indonesia. Mereka sudah berani memasuki dunia perfilman Indonesia. Pengaruh dari negara Korea tersebut tidak berhenti dari sisi musik, mereka mempengaruhi masyarakat Indonesia malalui dunia perfilman juga. Penikmat TV series Korea sangat banyak sekali. Jika ada salah satu episode yang tidak sempat dilihat, mereka langsung membeli DVD nya agar tidak ketinggalan satu episode saja.
Menurut saya, pengaruh demam Korea ini sangat mempengaruhi masyarakat. Tapi asalkan pengaruh tersebut menuju hal positif saya setuju saja. Sapa tahu mereka yang fanatik terhadap perfilman, atau band-band Korea jadi bisa menggunakan dan belajar bahasa Korea.

0 comments:

Post a Comment